Kamis, 19 Maret 2015

Mengapa ubin terasa lebih sejuk daripada karpet ?

Ubin memiliki konduktivitas termal yang lebih besar daripada karpet. Karenanya ubin merupakan penghantar kalor yang bagus, sedangkan karpet merupakan pernghantar kalor yang buruk. Ketika kita menginjak karpet, kalor mengalir dari kaki menuju karpet.
Hal ini terjadi karena suhu tubuh kita lebih tinggi dari suhu karpet. Karena karpet merupakan penghantar kalor yang buruk maka kalor atau panas yang mengalir dari kaki menumpuk di permukaan karpet. Akibatnya permukaan karpet menjadi lebih hangat. Kaki pun ikut terasa hangat.
Ketika kita menginjak ubin atau keramik, kalor mengalir dari kaki menuju si ubin atau keramik. Karena ubin merupakan penghantar kalor yang baik maka kalor atau panas yang mengalir dari kaki tidak tertahan di permukaan ubin. Kalor mengalir dengan lancar sehingga kaki terasa dingin.
Jika rumah di daerah dingin, sebaiknya alasi lantai kamar dengan karpet supaya kaki tidak kedinginan. Sebaliknya, jika rumah ada di daerah panas, sebaiknya jangan alasi lantai kamar dengan karpet. Bukan kesejukan yang dirasakan, tapi akan membuat kepanasan
Ada orang yang bilang, kalau tidur di atas ubin (tanpa alas), kita bisa sakit. Sebenarnya hal itu disebabkan karena banyak kalor atau panas dari tubuh yang mengalir menuju ubin. Ketika tubuh kehilangan banyak kalor, maka energi dalam tubuhmu berkurang. Ini yang membuat badan cepat sakit.

1 komentar:

  1. KARPET BERKARAKTER
    HUB;082349006753
    PIN BB;2B8993B4
    Karpet set jenis baru,yaitu jenis printing.Bahan skin yang lembut dengan ketebalan busa 3cm pada bagian karpet dan keset.Dan pada bantal di isi bahan dacron.Bagian bawah dilapisi bahan anti slip yang ada bintik-bintiknya,sehingga tidak licin saat digunakan.Karpet set Printing Frozen ini juga dilengkapi dengan resleting pada bagian karpet dan keset,sehingga bagian busa mudah di lepas saat akan di cuci.
    ukuran karpet 200cm x140cm.
    Karpet set printing terdiri dari: 1karpet,1keset dan 2 buah bantal.Bisa tambah nama maximal 6huruf
    Karpet Bulu Karakter

    JUAL /SET TERDIRI DARI : 1KARPET + 2BANTAL + 1 KESET

    Bahan rasfur, Alas Oscar, Isi bantal Silicon, Ukuran 140*200

    TEBAL BUSA 2CM TEBAL KARPET 3CM 520

    TEBAL BUSA 3CM TEBAL KARPET 4CM 600

    TEBAL BUSA 4CM TEBAL KARPET 5CM 650

    BalasHapus