Senin, 16 Maret 2015

Cara Mempercepat Proses Penguapan Dalam Fisika

Bagaimana cara mempercepat proses penguapan? Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang melakukan kegiatan yang bisa menunjukkan cara mempercepat penguapan, misalnya: Petani mengeringkan padi dengan cara meletakkan padi basah tersebut di atas tikar dan dibiarkan terkena sinar Matahari. Padi yang mengandung air tersebut mendapat kalor dari sinar Matahari sehinga terjadi penguapan dan akhirnya padi menjadi kering. 
Ketika kita hendak minum dari segelas minuman panas. Agar cepat dingin, tentu kita biasanya menuang minuman tersebut di atas cawan, dan meniupnya. Prinsipnya adalah dengan memperluas permukaan, panas yang dimiliki air minuman tersebut bisa segera lepas dalam wujud uap dan air panas suhunya turun mengikuti suhu lingkungan sekitar.

Pada musim kemarau yang panjang, di areal persawahan ranah-tanah mengalami rerak-retak. Hal ini menunjukkan pada tanah yang mengandung air tersebut telah terjadi proses penguapan dalam waktu yang lama. Jadi, bisa di katakan penguapan adalah perubahan wujud dari cair menjadi gas. Pada waktu menguap, zat memerlukan kalor. Penguapan dapat dipercepat dengan cara sebagai berikut.
  1. memanaskan zat cair
  2. memperbesar luas permukaan zat cair
  3. mengalirkan udara kering di permukaan zat cair.
  4. Mengurangi tekanan uap di permukaan zat cair.
Molekul-molekul zat cair tidak dapat meninggalkan zat cair begitu saja, sebab dihalang-halangi oleh lapisan permukaan zat cair. Apabila jumlah molekul yang dapat menerobos lapisan permukaan zat cair tersebut banyak, maka zat cair dikatakan menguap. Ketika zat cair dipanaskan, kecepatan molekul- molekulnya bertambah besar. Oleh karena itu, molekul yang meninggalkan zat cair menjadi lebih banyak. Bila permukaan zat cair diperluas, berarti lebih banyak kesempatan molekulnya untuk meninggalkan permukaan zat cair.
Dengan meniupkan udara di atas permukaan zat cair, maka molekul-molekul yang menghalangi penguapan akan dijauhkan. Semakin banyak udara yang kita tiupkan, semakin banyak molekul yang meninggalkan permukaan zat cair. Penguapan bisa juga dipercepat bila tekanan di atas zat cair diperkecil. Dengan demikian, molekul-molekul lebih mudah meninggalkan permukaan zat cair.
Sekian materi tentang Cara Mempercepat Proses Penguapan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar